Open Data dengan xplore.pustakadata.id

PustakaData

PustakaData merupakan platform data akademik sumber terbuka (academic open data) yang bertujuan untuk memfasilitasi peneliti dan akademisi dengan open data. PustakaData diinisiasi atas keprihatinan terhadap keterbukaan data yang masih terbatas di Indonesia, terutama untuk peneliti dan akademisi. Dikutip dari Global Open Data Index, Indonesia menempati posisi ke-61 dari 94 negara dalam  indeks keterbukaan data. Untuk itu, PustakaData diciptakan sebagai upaya untuk meningkatkan keterbukaan data di Indonesia yang masih rendah. PustakaData diharapkan dapat meningkatkan Reproducibility dari sebuah penelitian, mengurangi Reinventing The Wheel, serta dengan penyediaan data terbuka diharapkan pengguna bisa lebih fokus pada analytic dan storytelling.

Saat ini tersedia tiga fitur utama yang disediakan yaitu xPlore, Dataset dan Covid19 dashboard. Dengan xPlore pengguna bisa melakukan analisis time series data dari media sosial dan 20+ kanal berita secara realtime yang dilengkapi Machine Learning. Fitur Dataset menyediakan raw data dalam format terbuka. Terakhir, Covid19 dashboad menyediakan data statistik kasus COVID-19 di Indonesia.

xPlore

xPlore merupakan dashboard interaktif di bawah naungan lisensi Creative Common and Attribution yang menampilkan analisis time series dari data sosial media Twitter dan lebih dari 20 kanal berita secara real time. Sumber data yang diambil pada xPlore baik berasal dari bahasa Indonesia maupun Inggris. xPlore juga dilengkapi dengan Machine Learning guna menyediakan klasifikasi tweet atau berita ke dalam beberapa kategori yang relevan seperti sentimen, topik dan Sustainable Development Goals (SDGs).

xPlore saat ini menyediakan dua dashboard utama yaitu Media Analytic dan Pemilu 2024.

Dashboard Media Analytic menyediakan visualisasi analisis:

  1. Most Retweet Tweet
  2. Tweet Sentiment
  3. Tweet Location
  4. Hastag, Mention, Reply WordCloud
  5. SDG Twitter Indicatior
  6. Tweet Topics Classification
  7. News Channel
  8. News Keyword WordCloud
  9. SGD News Indicator
  10. News Topics Classification
 

Dashboard Pemilu 2024 menyediakan visualisasi analisis:

  1. Kandidat Presiden di Twitter
  2. Kandidat Presiden di News
  3. Partai Peserta Pemilu di Twitter
  4. Partai Peserta Pemilu di News
  5. Hastag Pemilu WordCloud

 

Selain menampilkan visualisasi data yang menarik, pengguna juga dapat mengunduh raw data dari xPlore apabila ingin menganalisis lebih lanjut. Platform ini dapat diakses melalui xplore.pustakadata.id dengan terlebih dahulu mengajukan ijin akses.