Open Data dengan dataset.pustakadata.id

Dataset.pustakadata.id adalah sub-domain dari Platform Open Data pustakadata.id yang dibangun dengan tujuan utama untuk memfasilitasi peneliti dan akademisi dengan sumber data terbuka yang dapat diunduh dan digunakan untuk berbagai keperluan riset dan akademik. PustakaData diinisiasi atas keprihatinan terhadap keterbukaan data yang masih terbatas di Indonesia, terutama untuk peneliti dan akademisi. Tujuan lainnya adalah untuk mewujudkan kemandirian teknologi dan kemandirian data di Indonesia

Pada saat artikel ini ditulis, sudah terdapat 2 dataset awal yang ada, yaitu yang pertama adalah G-COnnect: Real Time Warning System for Landslide Data Monitoring, yang digunakan untuk monitoring pergerakan tanah dalam rangka untuk mitigasi terjadinya bencana tanah longsor. Konfigurasi perangkat yang digunakan dalam mengumpulkan dataset ini yang pertama adalah sensor lingkungan(temperatur, kelembapan, kecepatan angin, dan kemiringan tanah. Selanjutnya ada survei lingkungan berupa gambar dari CCTV, yang ditransmisikan menggunakan Low Rate Transmission Media. 

Monitoring data dapat dilakukan melalui website www.gamabox.id/g_connect sehingga tidak perlu mendatangi letak sensor terus menerus. Proses monitoring pun menjadi lebih cepat dan efisien.  

Dataset yang selanjutnya ada adalah Realtime Monitoring Dashboard For Covid-19, yang berisi monitoring data covid di Indonesia. Alasan adanya dataset ini adalah karena pertambahan kasus per hari masih tinggi, kesadaran semua pihak belum konsisten, solusi permanen untuk pencegahan dan penanganan belum ada, dan teknologi pendukung memiliki peluang dan potensi untuk digunakan. pada dataset ini terdapat berbagai data terkait perkembangan covid di indonesia, seperti jumlah kasus positif, ketersediaan kamar isolasi, jumlah suspek terduga, dan lain sebagainya. Seluruh data tersebut dapat diakses pada covid19.gamabox.id

Konsep open data pada dataset.pustakadata.id adalah starting poin menuju Big Data Research UGM, yaitu menciptakan platform kumpulan dataset penelitian yang terbuka dari dan untuk UGM dan umum. Tahap selanjutnya yang akan dilakukan adalah memantik penelitian dan pengembangan, project berkualitas yang berbasis data.